Slider

PMI IPMAFA kunjungi Pesantren Entrepreneur Al Mawaddah Kudus






Pati 26-01-2017. Alhamdulillah tadi sore bisa nderekke Pak Faiz Aminuddin Kaprodi dan Bapak Maslihan Sekprodi PMI IPMAFA untuk bersilaturahmi ke Pesantren Entrepreneur Al Mawaddah Kudus yang diasuh oleh KH. Sofiyan Hadi, Lc. Insyaallah dalam daur semester 6 akan kami tempati untuk KKL (Kuliah Kerja Lapangan).
Sebuah pesantren yang secara nyata memerangi problem klasik di negara ini "kemiskinan" dan "Ketidak berdayaan". Semboyan yang diusung adalah "Leadership-Entrepreneurship-Spiritual". Seperti apa yang saya pahami dari teori Fiqh Sosial Kyai Sahal Mahfudh, Idealnya pesantren tidak hanya berfungsi sebagai lembaga pendidikan keagamaan, tetapi juga menjawab secara nyata problematika sosial. Mempersiapkan manusia yang solih akrom, menjalankan tugas ibadatullah dan juga profesional dalam hal mengelola isi bumi.
Pesantren ini, selain mengajak para santri dan masyarakat untuk mengkaji kitab kuning karya para ulama' juga membekali para santri dengan berbagai kemampuan dibeberapa bidang usaha agar bisa mandiri. Seperti : 1. Eduwisata, 2. Melayani Rekreasi dan agen Umroh Haji, 3. Outbond, 4. Bercocok tanam : Buah Naga, rempah2, 4. mengelola mini market milik pesantren, dan membuat makanan ringan. yang lebih istimewa bukan hanya santri yang merasakan manfaat gerakan pesantren ini. Masayarakat sekitar juga turut merasakan. Beberapa kali pesantren mengadakan pelatihan kewirausahaan kepada masyarakat, sebagai follow up produk2 mereka dijual di mini market pesantren (criping pare, criping buah naga, sirup buah naga, kopi muria), mendistribusikan hasil tebu, dll.
Karena menyebarkan kebaikan adalah kebaikan, maka pesan moralnya, Semoga saya dan kita semua mampu meneladani spirit pesantren ini. Mampu mewujudkan gerakan gerakan perubahan nyata ke arah Indonesia sejahtera.

Doc From Muhammad Labib Mahasiswa PMI IPMAFA semester 6
Muhammad Labib As Salim
0

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Health

both, mystorymag

DON'T MISS

Nature, Health, Fitness
© all rights reserved
made with by templateszoo