Slider

Gebyar Fakultas Dakwah dan Pengembangan Masyarakat IPMAFA



Pati. 31/03/2017. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
Fakultas Dakwah dan Pengembangan Masyarakat
Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA) bekerjasama dengan Pusat Studi Peace Promotion mengadakan Gebyar Fakultas Dakwah dan Pengembangan Masyarakat  dengan acara Pelatihan Perdamaian bertemakan “Gerakan Pesantren Anti Kekerasan”. Acara yang bertempat di auditorium IPMAFA ini dihadiri Dekan Fakultas Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Ibu Sri Naharin MSI, Direktur Pusat Studi Peace Promotion Ibu Kamilia Hamidah MA, serta 35an santri dari 18 pesantren se kecamatan Margoyoso.
Ibu Sri Naharin memberikan sambutan yang sekaligus menjadi pembuka acara menyampaikan latar belakang pemilihan tema ini adalah semakin maraknya kekerasan yang terjadi disekitar kita sehingga penting bagi kita untuk dapat mengelola emosi “kekerasan tanpa kita sadari ada disekitar kita, sehingga penting bagi kita untuk mengelola emosi” terangnya, santri dalam hal ini yang setiap harinya telah terdidik untuk ikhlas menjadikan dirinya untuk tergerak dan peduli terhadap isu sosial khususnya kekerasan “Orang orang yg tergerak untuk peduli dengan hal seperti ini, biasanya adalah orang yang setiap harinya itu sudah terdidik untuk ikhlas.” Ungkap beliau. Sehingga pelatihan ini penting untuk menumbuhkan kepedulian santri untuk melawan kekerasan “menumbuhkan agen-agen yang tergerak untuk melawan kekerasan.” Tandasnya.

Selama pelatihan berlangsung peserta diberi pendidikan nilai dasar perdamaian yang meliputi 12 nilai perdamaian. Antusiasme peserta terlihat dari semangatnya dalam mengikuti pelatihan karena dikemas dengan model pembelajaran interaktif serta permainan-permainan yang merupakan simulasi dari nilai perdamaian tersebut. “Pada pelatihan ini kami sampaikan 12 nilai perdamain yang kami kemas dengan model pembelajaran interaktif harapannya nanti peserta yang telah mengikuti pelatihan dapat menjalin hubungan damai baik dengan diri sendiri maupun orang lain telebih dapat meminimalisir gesekan yang menimbulkan tindak kekerasan” ujar Maya Kholida salah satu dari 8 trainer Peace Promotion.  (Rofiq)
0

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Health

both, mystorymag

DON'T MISS

Nature, Health, Fitness
© all rights reserved
made with by templateszoo