Slider

PMI Adakan Seminar “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pesantren”





Pati, 03/03/2017 Program Studi (PRODI) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA) bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PMI mengadakan seminar “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pesantren” di narasumberi oleh KH Sofiyan Hadi,MA Pengasuh Ponpes Entrepreneur Al-Mawaddah Kudus dan Sri Naharin M,Si Dekan Fakultas Dakwah dan Pengembangan Masyarakat. Seminar yang berlangsung di auditorium IPMAFA ini dihadiri Kaprodi PMI Faiz Aminuddin, MA, Sekprodi PMI Bapak Maslihan,Lc, Beberapa Dosen PMI, siswa siswi dan santri sekitar Kajen, Serta puluhan mahasiswa IPMAFA lintas Prodi.
Muh. Ja’far Amir sebagai perwakilan dari panitia dan sekaligus ketua HMPS PMI memberikan sambutan diawal bahwa pesantren sebagai miniatur masyarakat sangat ditunggu kontribusinya untuk pemberdayaan masyarakat dan menjawab problematika umat “Diadakannya Seminar ini tidak lain adalah untuk menjawab problematika umat yang mana, pada saat ini identitas pesantren sebagai miniatur masyarakat secara tidak langsung diharapkan masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam hal pemberdayaan dan menjawab problematika umat” terangnya.
Bapak Faiz sebagai kaprodi memberikan sambutan bahwa peran pesantren telah dimulai sejak sebelum revolusi dan kini kontribusinya sebagai pemberi sarana untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. “Tidak hanya dimulai pada waktu revolusi tapi jauh sebelum itu kontribusi pesantren sudah sangat besar terhadap perpanjangan keislaman kebudayaan yang ada di nusantara ini. Kontribusi jelas itu harus dipertajam diperkuat salah satunya menjadikan pesantren tidak hanya sebagai tempat pendidikan santri, tapi memberikan sarana demi kemaslahatan umat yang lebih besar” Ungkapnya
Ibu Sri Naharin sebagai narasumber memaparkan materi bahwa Pengembangan Masyarakat harus dilakukan secara holistik dan menyeluruh maka dibutuhkan komitmen dan lembaga, sehingga pesantren dapat menjadi salah satu lembaga yang strategis dalam Pemberdayaan Masyarakat. “BPPM Sebagai embrio kehadiran PMI di IPMAFA adalah upaya Kiai Sahal yang kemudian menjadi idealisme bersama, sehingga peran pesantren dan orang-orang didalamnya ikut serta menetralisir problem-problem dimasyarakat. Terutma ekonomi dan melaksanakan langkah interfensi sehingga mampu menjadi pemecah permasalahan yang ada di masyarakat” Terangnya.
Bapak KH Sofian Hadi Lc, MA mengemas materinya dengan muatan motivasi sehingga membuat audien semangat dan senang mendengarkan. Audien dengan mudah menangkap kosep dan materi yang disampaikannya. salah satu yang dipaparkannya adalah dalam upaya menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada pemberdayaan yang kita lakukan memang perlu adanya lembaga yang menaungi. Dari awal pesantren enterpreneur yang digagas beliau dibuat supaya dapat berdampak dan memberi kontribusi kepada masyarakat sehingga dengan naungan sebuah pesantren akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat, dan mampu melaksanakan dengan kesadaran masyarakat sendiri.
Muhammad Khoirur Rofiq
0

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Health

both, mystorymag

DON'T MISS

Nature, Health, Fitness
© all rights reserved
made with by templateszoo