Slider

Jurus jitu Mengajar, PPL lawan ketegangan

tetap tenang, jangan lupa bahagia

Hello para agen of change, kaifa halukum para Mahasiswa semuanya??
Ok guys, kali ini kita akan sharing-sharing cerita  PPL dan jurus ampuhnya. Sebelumnya, Apa sih PPL itu. ? Samakah dengan KKN? PKL? 
                                PPL = Pulang-pulang lamaran
                                        = Pulang Pergi Liburan
                                        = Para PenJomblo Lama

BIG NO!!

So, Langsung aja kita bahas dengan seksama dan dalam tempoe yang sesingkat-singkatnya. PPL = Praktek Profesi Lapangan, Jadi PPL itu merupakan salah satu makul praktikum, dimana mahasiswa akan terjun dan praktek langsung terkait prodi yang diambil. Misalkan mahasiswa Fakultas Tarbiyah (Pendidikan), akan praktik PPL menjadi guru dan disebarkan disekolah-sekolah tertentu sesuai kebijakan. 
Dan disini Mimin akan membahas para Praktikan-para mahasiswa yang sedang PPL biasa disebut Praktikan- prodi PBA Fakultas Tarbiyah. 

Jurus jitu mengajar ala mahasiswa PPL.........
1. Mutholaah dulu. 
 Sebelum esok mengajar,  pastiin kamu udah punya menguasai materi yang akan kamu ajarkan besok.  persiapan mulai dari bahan, penguasaan kelas, metode, dan perangkat-perangkat yang lainnya. kalo enggak ada persiapa, Nah kelar dah idup lo besok

2. Kesan Pertama menentukan kedepannya

buatlah kesan pertama yang tak terlupakan, mencitrakan kalo kalian bukanlah seorang guru yang membosankan, melainkan kreatif, penuh wawasan, dan nyambung lan asik diajak ngobrol, meski gak jelas si kadang ngbrolnya. Jangan jadi guru Kolot guys. Jangan juga terlalu jaim dengan mereka,  Ingat, Pencitraan terkadang juga diperlukan. kalo mimin si, ada saatnya kita agak jaim, dan di saat tertentu kita menjadi sahabat dan pendengar curcol mereka. Thats Nice!! Hihi....

3. Menyapa para murid dan memberikan motivasi kepada mereka sewaktu memasuki gerbang sekolah juga diperlukan lhoo gaesss....


4. Mengajar sambil Ngobrol yuk.....

jadi gini, belajar tidak melulu dengan penceramahan dari guru gaes (bisa-bisa gk jadi guru, malah jadi saingannya Aa' Gym nanti, betul tidak..). Biarkan saja mereka yang mencari bahan sumber pelajaran, kita yang menentukan tema dan kasusnya, And Finally, kita tinggal jalan-jalan keliling kelas memantau. Simpel kan. 


5. Njagong- Jinagong. 
Tidak melulu beraktifitas dan berkomunikasi di kelas lhoo gaes. Status kita yang sebagai orang baru  dan pendatang disana, membuat kita harus low profil. njagong atau ngbrol- ngbrol seru di luar pelajaran juga perlu disini, intinya buat mereka nyaman dengan kita. 

6. Malu bertanya, sesat nantinya. 
Saat kita menemui kendala dalam mengajar, misalkan permasalahan terkait kelas yang tidak dapat diatur, atau yang lainnya, jangan sungkan-sungkan untuk berkonsultasi dengan guru disitu, misalkan guru pamong kita ( guru yang kita gantikan mata pelajarannya, dan beliau yang akan mendampingi kita nantinya), Waka Kurikulum, Kepsek, atau pihak-pihak lainya. 6. 

7. tak kenal, tak sayang. 
melibatkan diri dengan komunitas mereka atau ikut menghadiri acara ekstrakurikuler mereka juga harus dipertimbangkan lho gaes, karena hal itu dapat menambah respons positif mereka ke kita, dan sebaliknya kita lebih mengenal mereka.
8. Tim yang solid
kekompakan tim menjadi salah satu kunci kalian menikmati masa PPL kalian dan menghilangkan rasa tegang dan jenuh nantinya. dengan komunikasi tim yang baik, kita dapat saling sharing terkait pembelajaran kedepannya yang akan dilakukan. 
0

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Health

both, mystorymag

DON'T MISS

Nature, Health, Fitness
© all rights reserved
made with by templateszoo